Rabu, 21 Oktober 2009

Artikel


Indonesia Negara Berkembang
Dewasa ini Idonesia sering disebut negara berkembang didunia, tentunya dengan melihat beberapa aspek yang dapat dibuktikan dengan hal itu.
Seperti kita ketahui sebuah negara bisa dikatakan negara berkembang apabila salah satunya adalah dengan melihat keberhasilan pembangunan oleh negara bersangkutan, hal itu bisa dibuktikan dengan negara kita indonesia yang telah dan sedang melakukan pembangunan dari berbagai bidang, ekonomi, politik dan sosial tentunya.
kita mengenal indonesia negara berkembang dengan melihat ciri-ciri negara berkembang sebagai berikut :
  1. pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga.
  2. pada umumnya aktifitas masyarakat masih menggunakan sarana dan prasarana tradisional.
  3. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban.
  4. pendapatan relatif rendah.
  5. pendidikan penduduk relatif rendah.
  6. sifat penduduk kurang mandiri.
  7. sangat tergantung pada alam.
  8. tingkat pertumbuhan penduduk tinggi.
  9. angka harapan hidup rendah.
  10. intensitas mobilitas rendah.
dengan melihat ciri-ciri tersebut diatas, kita bisa membandingkan dengan realita yang terjadi dimayoritas penduduk indonesia. pertama-tama kita lihat kebiasaan penduduk diperkotaan, yang boleh dikatakan kalangan menengah keatas, mungkin ada sebagian dari ciri-ciri tersebut yang sudah tidak berlaku lagi dalam kehidupan mereka, karena masyarakat perkotaan dalam beraktifitas cenderung lebih menggunakan sarana dan prasarana modern terutama dalam aktifitas perekonomian dan pendidikan bahkan mungkin lebih cocok dikatakan dalam melakukan aktifitas sehari-hari sudah seperti di masyarakat negara maju.
Tapi kalau kita melihat realita penduduk yang ada di pedesaan/pedalaman perilaku keseharian mereka sangat cocok dengan ciri-ciri tersebut diatas, dimana mereka masih menggunakan sarana dan prasarana tradisional untukmenunjang perekonomian mereka, perkembangan ilmu pengetahuan relatif lamban bahkan cebderung kurang, tingkat pertumbuhan penduduk sangat tinggi.
Dengan melihat fakta apa yang terjadi dalam dua lapisan masyarakat terssebut, maka jelaslah bahwa indonesia lebih cocok utuk dikatakan sebagai negara berkembang, meskipun banyak penduduk indonesia dalam melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari sudah seperti masyarakat dinegara maju, tapi masyarakat tersebut dianggap minoritas dalam menjalankan pola kehidupannya. meskipun kalau melihat dari sudut lain kehidupan penduduk indonesia soal sosial, ekonomi dan pola pikir yang masih banyak tertinggal jauh dari negara berkembang sekalipun, hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya kesenjangan sosial, ekonomi, di masyarakat kita yang cenderung masih bercirikan masyarakat negara tertinggal.


Artikel 1 untuk memenuhi salah satu Tugas B. Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar