Kamis, 15 Juli 2010

LANGKAH - LANGKAH GHOST (CLONNING) HARDDISK


Adakalanya kita sipusingkan dengan masalah yang ada di komputer kita, terutama para pengusaha dan pengelola warnet hal itu pasti sering terjadi mengakibatkan harus di instal ulangnya program-program yang ada dikomputer itu. entah itu karena serangan virus atau sengaja tidak langsung kita lupa mengunci kembali deefreeze saat kita memasukan salah satu program dan mengakibatkan tidak sengajanya program-program tersebut terhapus atau pun ada ynag menghapus.
sementara keterbatasan waktu atu sedikitnya waktu untuk menginstal ullang komputer itu. tetapi saya ada cara yang lumayan simple dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk kembali mengupgrade program - program tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja kompuer kita bisa di pergunakan kembali, atau dengan kata lain mengcloning hardisk yang sdh terisi program kepada hardisk yg mau di instal ulang tadi.
adapun cara tersebut antara lain :
  1. buka ( bongkar ) hardisk yang mau kita instal ulang tersebut bersama kabel data hardisknya
  2. Buka juga CPU yang ada hardisk ang akan kita cloningkan dan tanpa merubah atau membongkar apapun didalamnya termasuk hardisknya biarkan seperti adanya semula.
  3. Masukan kabel data hardisk sumber ke SATA 1 ( dan pasti udah terpasang dari sebelumnya), hardisk tujuan atau yang tadi dibongkar ke SATA2 dan CD ROOM ke port IDE.
  4. Masukan CD Hiren* ke CD-ROM, nyalakan komputer lalu Booting dari CD-ROM, bisa di set dulu dari BIOS atau lebih cepat tekan saja F8 ( klo g salah) krn beda-beda tiap komputer tapi biasanya memang F8
  5. Pilih Boot From CD, cari program Ghost (Normal) ada di menu Clone Tools, kalo ada pilihan biarin aja biar jadi auto, terus klo ada 2 pilihan lagi pilih No aja.
  6. Klo udah masuk program Ghost, tinggal pilih Local> Disk To Disk.., Sourcenya yang ke-1, destination yang ke-2. setelah itu tinggal OK..OK aja.
  7. kalau sudah selesai dan ada pilihan continue n reset/reset, pilih aja restart. trs komputer harus buru-buru di matiin jangan sampai membooting dulu!
  8. Terakhir pindahkan lagi hardisk yg sudah terisi lagi ke CPU semula dan kalau di warnet tingal ganti nama komputernya,,, Beres dech,,,!!!

Catatan :
Yang di maksud dengan Hiren adalah softwere untuk membantu Ghost Clonning tersebut dan bisa anda dapatkan dengan cara mendownloadnya di http//www.hirensbootcd.net/download/Hiren.Boot CD.9.5.zip.
kemudian kalau sudah mendapatkan file tersebut extract kemudian burning, klo anda menggunakan softwere nero untuk membarning file tersebut hati-hati janagn salah burning , harus di burning di nero express kemudian ke menu image project copy kemudian pilih menu saved image or saved project.

mudah-mudahan bermanfaat & selamat mencoba !!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar